Blog informatif dan edukatif !

Contoh SURAT PERJANJIAN JUAL BELI

Contoh SuratContoh SURAT PERJANJIAN JUAL BELI – Jual beli menjadi hal yang sangat lumrah terjadi di kehidupan ini, tak lepas dari persoalan itu ada hal yang perlu di sadari bahwa setiap jual beli haruslah ada surat yang dibuat hitam diatas putih. Itu sebagai tanda bukti, diantara pihak yang terlibat. Hal itu juga menjadi kekuatan dasar dimata hukum setiap negara. Tanpa adanya surat bukti maka akan sangat sulit untuk di buktikan nanti saat terjadinya permasalahan seputar jual beli misalnya Rumah, Kendaraan, Tanah, Apartemen, Sawah, Kebun, Kantor, Ruko dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, admin akan menampilkan sebagian kecil contoh atau format pembuatan surat perjanjian jual beli yang singkat, padat dan jelas. Berikut Contohnya :


________________________________________

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

  • Nama : Dg. RAMANG
  • Umur : 33 Tahun
  • Pekerjaan : Wiraswasta
  • Alamat : Dusun Kandao

Untuk selanjutnya disebut pihak ke I (penjual)

  • Nama : ASMIRANDA
  • Umur : 41 tahun 
  • Pekerjaan : Wiraswasta 
  • Alamat : Desa Suka Mundur Kec. Ballatong

Untuk selanjutnya disebut pihak ke II (pembeli) Pada tanggal 6 Januari 2016 pihak ke I telah menjual, lepas / mutlak sebidang tanah darat seluas 20 Are, kepada pihak II dengan harga tunai Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah).

Pembayaran dilakukan di hadapan saksi – saksi secara tunai. Batas – batas tanah tersebut sebagai berikut :

- Sebelah Barat : Berbatasan dengan tanah Mahjor
- Sebelah Timur : Berbatasan dengan tanah PT. Mandarin
- Sebelah Utara : Berbatasan dengan tanah Bpknya Anaknya Anu
- Sebelah Selatan : Berbatasan dengan tanah Sugai

Maka, sejak tanggal 6 Januari 2016, tanah tersebut diatas telah menjadi hak milik pihak ke II atas nama Ahmad Syahrum. Pada waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut baik pihak I (penjual) maupun pihak ke II (pembeli) juga saksi – saksi semuanya menyatakan satu sama lain dalam keadaan sehat wal afiat, baik jasmani maupun rohani, dan segala sesuatu dengan itikad baik.

Demikian , setelah keterangan isi jual beli ini dimengerti oleh pihak ke I dan pihak ke II, juga saksi – saksi, maka ditanda tanganilah sebagai permulaan saat pemindahan hak milik pihak ke I kepada pihak ke II. Bukit Harapan,

6 JANUARI 2016

Pihak Ke II (Pembeli)                                                                                   Pihak Ke I (Penjual)




(ASMIRANDA)                                                                                           (Dg. RAMANG)


Diketahui : Kepala Desa Bukit Harapan, (------------------------------------------)

Saksi-saksi :
1. Jerman : (     TTD     )
2. Zainal :  (      TTD     )
3. Muslihat : (      TTD     )
______________________________________________________

Demikianlah artikel dari saya, moga-moga hal ini bermanfaat untuk dijadikan referensi dalam penulisan surat jual beli, namun perlu diperhatiakan bahwa diatas hanyalah contoh. Anda bisa membuat perubahan yang lebih lengkap lagi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekian dari saya, terima kasih telah menyimak.

Tag : Contoh Surat
Back To Top