Blog informatif dan edukatif !

Contoh Surat Pernyataan Untuk Penghuni Kost ( Kamar Sewa )

Contoh SuratContoh Surat Pernyataan Untuk Penghuni Kost – Saat ini yang namanya Investasi ada banyak macamnya, terutama investasi dalam bidang penyewaan kamar atau sering disebut kost (Kamar Sewa). Namun ada suatu permasalahan yang sering ditemui para bos tuan rumah, yakni tidak adanya tersedia keamanan dan peraturan bagi penghuni kost. Akibatnya pun sangat fatal, karena tidak adanya kesepakatan awal saat serah terima kost bagi penghuni dan pemilik menjadikannya titik lemah rawan terjadinya pelanggaran. Kalaupun ada surat pernyataan tapi bisanya itu hanya ucapan mulut saja, tidak ada pertanggung jawaban secara hukum atau tertulis ( Hitam diatas Putih ).



Sudah banyak terjadi kost dijadikan tempat berjud*, tempat mesu*, sarang perampo*, tempat minum minuman beralkoho*. Akhirnya si pemilik kost pun bisa jadi diikut sertakan dalam proses hukum dikarenakan dikategorikan lalai dalam mengurus dan menciptakan keamanan rumah sewa.

Oleh karena itu untuk mengatasi kejadian yang tak di inginkan harapnya para pemilik kost sebelum menerima penguni yang baru masuk, ada baiknya anda menyediakan surat Pernyataan yang kira-kira format sederhananya seperti dibawah ini. Ini juga penting untuk menghindarkan diri anda dari proses hukum akibat kelalian, karena bisa menunjukkan surat kesepakatan bagi penghuni kost agar tidak melakukan tindak pidana.

Berikut adalah contoh format Surat Pernyataan Untuk Penghuni Kost, ingat ini hanya contoh yah :

SURAT PERNYATAAN KESEPAKATAN KONTRAK KOST 

"PONDOK DERITA"

Dengan ini memberikan kesempatan untuk menghuni rumah kontrakan [kost] ke pada, yaitu ;

Nama         :  Kandacong
Alamat       : Palopo
Agama       :
Status        : Jomblo
Pekerjaan  : Pengangguran
Asal          : Toraja

Dengan syarat [aturan] antara lain :
  1. Calon penghuni mampu [bersiap] untuk membayar sewaan kost senilai Rp200,000 /Bulan [Air,Listrik,dan Rumah Kos] di banyar pada saat menandatangani surat pernyataan kesepakatan kontrak kost [dan seterusnya]. 
  2. Jika surat pernyataan ini telah ditandatangani oleh Penghunj ,maka uang tidak boleh dikembalikan dengan cara apapun. 
  3. Penghuni kost bersiap untuk mentaati aturan pemerintah kota palopo yang berlaku. 
  4. Memiliki Ktp dan Kk 
  5. Penghuni kost mampu untuk menjaga keamanan , ketentraman dan kebersihan kost. 
  6. Penghuni kost bersedia untuk tidak melakukan tindakan melanggar hukum, seperti berjud*, berbuat mesu* bukan suami isteri, dan tindakan kriminal lainnya.
  7. Jika ada ketidak cocokkan dalam bertetangga kost [ masalah ] laporkan ke pada pemilik kost,atau kepolisi jika ada melakukan tindakan kriminal./ASUSILA/Dan lain-lainnya yang melanggar HAM [ HUKUM ]. 
  8. Pemilik kost menyediakan fasilitas antara lain; a. Listrik PLN. c. Sumur Timba b. AIR MINUM/CUCI PDAM d. WC umum 
  9. Jika melakukan keributan tanpa diketahui pemilik kost maka dipersilahkan / segera untuk keluar dan meninggalkan lokasi tanpa ada suruhan atau imbalan apa pun dari pemilik kost. 
  10. Jika tidak ingin lagi melanjutkan kontrak kost maka di persilahkan untuk keluar dan tidak ada tuntutan atau imbalan dari siapapun [pemilik kost]. 
  11. Batas tamu sampai PKL. 21.00 [ Malam ] 
  12. Dilarang mencoret-coret dinding,merubah arus kabel listrik,dan merubah bentuk kamar. 
  13. Pengambilan Air PDAM harus antri,dan utamaka Orang Wudhu dan Masak. Demikian surat pernyataan persetujuaan ini kami buat untuk di patuhi/dilaksanakan ,dan dalam keadaan sehat jasmani,rohani, tanpa ada unsur paksaan dari pihak siapapun . 

Palopo, 20 Desember 2017

    Pemilik Kost                                                                               Penghuni/Pengontrak Kost


..........................                                                                               .........................................

Keterangan :
  • Rangkap Asli arsip pemilik ,dan Rangkap Foto copy penghuni.
  • ASLI
Demikianlah Contoh Surat Pernyataan Untuk Penghuni Kost ( Kamar Sewa ). Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih telah menyimaknya

Tag : Contoh Surat
Back To Top